Apakah Ilmu Pengetahuan (Science) Itu?


Banyak dijumpai bahkan kata ini sangat akrab digaungkan didalam lingkungan akademisi, kata tersebut adalah ilmu. Kata " ilmu" merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yang berarti "science". Kata science berasal dari bahasa Latin scientia, kata tersebut mempunyai arti "pengetahuan". Kata scientia berasal dari bentuk kata kerja yaitu scire yang mempunyai arti " mempelajari", "mengetahui" (Soeprapto, 1996:102)


Pada mulanya, cakupan ilmu (science) secara etimologis[1] menunjuk pada pengetahuan semata-mata, pengetahuan mengenai apa saja (Dampier, 1966). Pada pertumbuhan selanjutnya, pengertian ilmu ini mengalami perluasan arti, sehingga menunjuk segenap pengetahuan sistematik (systematic knowledge). 

Pemakaian yang luas dari ilmu ini diteruskan dalam bahasa Jerma dengan istilah wissenchaft yang berlaku terhadap kumpulan pengetahuan apa yang teratur, termasuk didalamnya natur wissenchaften yang dalam bahadsa Inggris diterjemahkan sebagai Humanities (pengetahuan kemanusiaan). Sementara dalam bahasa Indonesia dikenal ilmu-ilmu budaya yang pada umumnya mencakup pengetahuan mengenai sastra, bahasa, etika, sejarah, filsafat dan agama (Dampier, 1966)

Definisi umum dari ilmu pengetahuan adalah kajian mengenai dunia eksternal. Definisi lain yang lebih panjang “ ilmu pengetahuan adalah hasil upaya manusia dalam mencari kebenaran tentang sesuatu, melalui sesuatu penelitian dengan berbagai alat dan persyaratannya, yang disusun secara sistematis, sehingga dapat dipelajari, disebarluaskan, dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia” (Soedjono, 1982:2). Definisi lainnya yang lebih sederhana ialah “ ilmu pengetahuan merupakan kajian tentang penilaian-penilaian yang dapat melahirkan kesepakatan-kesepakatan universal” (Campbell, 1989:23)



[1] Etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal usul suatu kata. Misalkan kata etimologi sebenarnya diambil dari bahasa Belanda etymologie yang berakar dari bahasa Yunani; étymos (arti sebenarnya adalah sebuah kata) dan lògos (ilmu)

0 komentar:

Posting Komentar