Mimpi Pedestrian Mall Way Surabaya


Surabaya- Pedagang kaki lima banyak sekali ditemui di kota-kota besar di Indonesia, sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot Surabaya dalam membuat wajah Surabaya kian rapi dan bersih. La Rambla de Barcelona menjadi konsep landscape pembelajaran terpenting bagi Kota Surabaya dalam menciptakan wisata, sekaligus dalam mengelola roda perekonomian, dengan mencakup ekonomi kelas bawah hingga atas, turis lokal maupun manca negara dan juga mempertemukan para pembisnis makanan,bunga dan buah hingga pembisnis jasa melalui kesenian dan lain-lain. La Rambla de Barcelona adalah sebuah konsep pedestrian mall way, yang membentang 1,2 kilometer (0,75 mil) yang menghubungkan Plaça de Catalunya di pusat dengan Monumen Christopher Columbus di Port Vell. La Rambla membentuk batas antara penjuru Barri Gòtic, ke timur, dan El Raval, ke barat. Menariknya dari Rambla de Barcelona adalah sepanjang jalur tersebut dikhususkan untuk pejalan kaki dan menjadi sorga pejalan kaki, tidak hanya itu, diujung pedestrian mall way terdapat pantai yang indah dan tertata rapi, sungguh memanjakan mata.



Meski letaknya berada di kota besar, namun La Rambla de Barcelona jauh dari polusi serta hiruk-pikuk kendaraan bermotor yang lalu lalang. Sepanjang jalur tersebut menyediakan pemandangan ala little italia, gedung -gedung kuno atau klasik yang  berjajar disepanjang jalan tersebut menyediakan  aneka kebutuhan, juga pola-pola lantai keramik yang bagus serta variatif melengkapi atmosfir  Rambla de Barcelona menjadi lebih menarik. Penanaman pohon-pohon rindang disepanjang jalan dikedua sisinya menjadikan tempat tersebut teduh, meski kondisi cuaca siang hari serta selokkan yang berada di bawah pedestrian way tersebut mencegah terjadinya genangan air di sepanjang La Rambla de Barcelona. Tersedianya fasilitas umum seperti  tempat duduk, tempat sampah dan lampu-lampu jalan bergaya klasik membuat pejalan kaki kian nyaman berada di tempat tersebut, baik Pagi, Siang maupun pada Malam hari.

Mewujudkan Mimpi Tempat Berkumpulnya Usaha Kecil-Menengah-Atas Surabaya memang tidaklah mudah, namun mewujudkan mimpi tersebut bukanlah hal yang mustahil. Selain menjadi tempat berkumpulnya usaha, keberadaan tempat tersebut di Surabaya juga dapat menjadi destinasi wisata.Tidak hanya untuk kepentingan ekonomi semata namun juga sebagai  alternatif "wisata" kebanggaan kota Surabaya. Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang telah meniru konsep ini dalam skala kecil, kini giliran Surabaya yang harus berbenah dan unjuk gigi. Berikut gambar kawasan jalan dalem kaum Bandung yang mirip dengan konsep  La Rambla de Barcelona 




0 komentar:

Posting Komentar