Sisi Gelap Jembatan Mayangkara



Surabaya- Jembatan Mayangkara adalah flyover yang terkenal di Surabaya, letaknya yang strategis, menjadikan jembatan atau flyover ini mudah dikenal. Beberapa bagian yang dibenahi oleh Pemkot Surabaya, menjadikan flyover atau Jembatan Mayangkara terlihat cantik. Pada dinding tiang penyangga Jembatan Mayangkara terdapat vertikal garden, dan terdapat taman diseputaran jembatan tersebut menambah kesan sejuk dan asri. Namun dibalik keindahan tersebut, terdapat juga sisi gelap dari Jembatan Mayangkara Surabaya, yaitu macet dan genangan air saat hujan. Memang simpul kemacetan di wilayah Jembatan Mayangkara  tidak dapat dielakkan, karena posisinya yang tepat berada pada persimpangan jalan. Namun upaya Pemkot Surabaya dalam membenahi kemacetan diseputaran wilayah tersebut, terus diupayakan sehingga simpul kemacetan diwilayah tersebut dapat diuraikan.

Perhatian selanjutnya adalah genangan air pada saat hujan turun, dimana genangan air tersebut sangat mengganggu pengendara dan pejalan kaki. Takayal daerah tersebut juga terkadang rawan terjadi kecelakaan, serta bahaya baggi pejalan kaki. Terutama pada titik pada gambar dibawah sebagai berikut, dimana terdapat genangan air diseputaran jalan tersebut ketika hujan


Penulis memperhatikan gejala tersebut dikarenakan tidak berfungsinya drainase, baik pada sisi Jembatan Mayangkara maupun sisi rel Kereta Api. Normalisasi selokan di sepuraran Jembatan Mayangkara  sangat penting, agar jangan air hujan menggenang di jalan raya pada saat diguyur air hujan, oleh karena itu Pemkot Surabaya harus segera memberi deck drain  serta membenahi drainase atau selokan di kedua sisi jalan, sehingga baik saat terjadinya hujan sekalipun, air tidak lagi menggenangi wilayah tersebut. Penulis juga mengamati di sisi bawah Jembatan Mayangkara terdapat "drainase" yang membahayakan para pengendara motor maupun sepeda, seperti pada gambar dibawah yang terdapat pada lingkaran merah.


Mengingat fungsinya sebagai "drainase" sangat penting, namun keselamatan pengguna jalan raya juga  penting. Penulis menyarankan agar Pemkot sesegera membuat deck drain serta pembuatan selokan di kedua sisi jalan, supaya pengendara motor maupun sepeda tidak was-was saat melintas sekaligus terhindar dari genangan air waktu hujan saat melintas di bawah Jembatan Mayangkara. Berikut adalah gambar dari deck drain



Oleh karena itu Pemkot harus sesegera totalitas dalam membenahi fungsi drainase sekaligus mempercantik Jembatan Mayangkara agar menjadi nyaman seutuhnya. 


0 komentar:

Posting Komentar