Pentingnya Peran Pepohonan Di Traffic Light


Surabaya- Kota yang terletak 07 derajat 9 menit - 07 derajat 21 menit LS (Lintang Selatan) dan 112 derajat 36 menit - 112 derajat 54 menit BT (Bujur Timur) dengan Temperatur rata-rata minimum 23,6 °C dan maksimum 33,8 °C menjadikan kota Pahlawan cukup terik pada saat musim kemarau di siang hari. Kondisi terik ditambah dengan polusi udara asap kendaraan bermotor yang menjadikan pengendara semakin tidak nyaman berada dijalanan Surabaya. Pemotor terkadang tidak segan-segan berada tepat di zona Zebra Cross yang notabennya adalah tempat penyebrangan pejalan kaki dengan letaknya yang berada sedikit didepan Traffic Light, hal tersebut jelas melanggar peraturan dan membuat pejalan kaki tidak nyaman dengan keberadaan pemotor yang menjadi penghalang pejalan kaki. Kondisi tersebut diperparah dengan kejadian yang senada terus berulang-ulang, sehingga kerap pejalan kaki "merasa diabaikan" meski  Zebra Cross didepan Traffic Light diperuntukkan khusus bagi mereka. Gambar dibawah adalah ilustrasi bagaimana kebiasaan pengendara yang berhenti tepat diatas Zebra Cross didepan Traffic Light



Penulis memperhatikan bagaimana kebiasaan pemotor melakukan hal tersebut, inilah alasan sehingga mendorong penulis untuk menuliskan postingan ini sebagai masukkan bagi Pemkot Surabaya. Masukkan penulis yaitu Pemkot Surabaya harus meningkatkan penghijauan, khususnya penanaman pohon rindang disetiap kawasan Traffic Light. Alasan tersebut cukup realistis, kondisi panas terik menjadikan pemotor ingin cepat-cepat menyelesaikan perjalanan mereka, namun tanpa sadar pemotor melanggar peraturan jalan raya yaitu dengan berhenti diatas Zebra Cross yang terletak didepan Traffic Light, tidak hanya itu, tidak jarang pemotor berhenti mencari tempat-tempat teduh untuk menghindari paparan sinar matahari meski posisi pemotor dijalur yang tidak semestinya.

Penulis berharap agar Pemkot Surabaya tidak mengabaikan pentingnya peran pepohonan di Traffic Light, Pemkot harus terus menggiatkan dan  merealisasikan penghijauan, yaitu dengan menggalakkan penanaman pohon rindang, khususnya di kawasan Traffic Light, dimana kendaraan berhenti dan menunggu giliran dalam menggunakan jalan raya. Berikut ini adalah  gambar Pemotor dan Pengendara mobil yang tertib saat berada di Traffic Light saat siang hari dengan pepohonan yang meneduhkan Pengendara mobil dan motor.







0 komentar:

Posting Komentar