Sketsa Sungai Surabaya

Harapan untuk Kota Surabaya menjadi destinasi wisata sangatlah besar, sebab Pemkot gencar dalam menjadikan Ibu Kota Jawa Timur ini menjadi kota tujuan wisata. Dengan pelbagai potensi yang terdapat didalam kota, baik Pantai, Taman dan termasuk juga Sungai dapat dijadikan alternatif wisata bila ditangani secara serius oleh Pemkot Surabaya. Sebagai wujud kepedulian penulis terhadap konsep Surabaya menjadi kota wisata, terutama pada sungai, maka penulis membuat sketsa sungai seperti sungai Cheonggyecheon Korea namun dengan desain khas Surabaya dan Jawa Timur (Seperti Gambar Diatas). Dengan dieksplornya potensi sungai tersebut, maka wajah Kota Surabaya akan menjadi jauh lebih indah, baik untuk melepas kepenatan warga Surabaya, sekaligus para generasi muda dapat belajar mengenai kesejarahan Bangsa lewat dinding-dinding sungai.

Setiap beberapa jarak tertentu, dinding sungai mencerminkan bangunan khas suatu daerah di Indonesia, atau juga dapat beberapa patung yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting seperti 10 November. Beberapa wilayah sungai juga dapat dihiasi tanaman hias dan rerumputan, sehingga menampilkan kesan alami dan hijau disepanjang sungai dan desain modern minimalis saat berada di wilayah CBD atau sebaliknya. Meski letak sungai berada di kota, namun desain sungai dapat menampilkan suasana alam seperti di pegunungan yang membawa kesejukkan. Pedestrian way berada di sisi kanan dan kiri sungai, tujuannya jelas agar pemandangan tersebut dapat langsung dinikmati masyarakat.

Tentu penataan serta konsep harus matang, sehingga pengerjaan proyek tidak terkesan asal-asalan. Setidaknya Surabaya menjadi kota yang nyaman bagi masyarakat disemua kalangan, yang tidak hanya untuk kawasan komersil dengan dihiasi oleh hutan beton belaka. Bila Pemkot merealisasikan konsep ini maka tidak hanya menjadi wisata alternatif kebanggaan warga Surabaya saja, namun juga daerah-daerah di Jawa Timur dan menarik wisata manca negara. Berikut adalah Gambar Sungai Cheonggyecheon Korea



1 komentar:

  1. It's so important to realize that every time you get upset, it drains your emotional energy.

    BalasHapus